Space Iklan masih tersedia
Home / News / National Championship / Akhirnya Armand Mematahkan Dominasi Rider BMX Indonesia
Akhirnya Armand Mematahkan Dominasi Rider BMX Indonesia

Akhirnya Armand Mematahkan Dominasi Rider BMX Indonesia

Karawang!! Apa kata yang tepat untuk mendeskripsikan kota yang sibuk ini dan juga kota yang merupakan urat nadi menuju kota kota di Jawa? Hanya ada satu kata “PANAS”. Betul sekali, Karawang sangat panas seperti panas sebuah tungku. Ada anekdot yang mengatakan kalau dikota asal kita mataharinya cukup satu saja, tetapi di Karawang ini mataharinya ada empat.  Kota yang bersejarah dijaman revolusi fisik kemerdekaan kita di tahun 1945 menginspirasi banyak orang, termasuk WIMCYLE dan Asosiasi BMX Indonesia untuk mengadakan perhelatan WIMCYCLE BMX OPEN 2008 seri ke 2 di Karawang pada tanggal 01/11 beberapa waktu lalu.

Tempat event ini berlangsung sendiri berdampingan dengan Stadiun Sepak Bola Singa Perbangsa Karawang. Ratusan orang sudah mulai berdatangan dari pukul 10 pagi walaupun acara ini sendiri baru berlangsung pada pukul 3 siang. Ini menunjukan bahwa masyarakat Karawang sangat haus terhadap event olahraga extreme di kotanya terlebih dengan BMX. Permintaan anda telah terkabulkan!! Dan kami disini untuk memenuhi impian anda. Ratusan riders BMX Street , Flatland dan saudara tua kami dari BMX Cross berkumpul bersama di arena pertandingan untuk memberikan dukungan kepada lebih dari 80 peserta WIMCYLE BMX OPEN 2008. Event ini mempertandingkan 2 kategori dengan dua kelas untuk tiap kategorinya , Street dan Flatland dengan kelas Junior dan Senior.

Event ini dimulai tepat pada pukul 2.30 dengan dibuka oleh sambutan dari ketua KONI Karawang , Ketua ISSI Karawang dan Sekjen FEDERASI OLAHRAGA MASYARAKAT INDONESIA ( dr Iskandar ). Setelah acara seremonial selesai, waktunya untuk bersiap dengan acara yang sebenarnya.

Acara ini juga dihadiri oleh ISSI Karawang, Sekjen FOMI dan Ketua KONI KarawangFarid Melon ( Cianjur Old School ) dan Ari Tili aka Moondur, duet yang sangat serasi antara BMX dan Freestyle Motor membuat para penonton di Karawang terhibur dan ceria. Kolaborasi yang sangat baik antara Farid dengan trik-trik Old Scool seperti Chery Picker , Funky Chiken , Surfing , Backyard dan zombie cina yang dipadu dengan dagelanan Suster ngesot sangat menghibur kita semua. Ari Tilil berusaha mengimbanginya dengan trik seperti Nose Manual, Stoopie, Rotary wheely, Surfing dll. Saling bergantian mereka berdua mengerahkan kemampuan untuk menyihir penonton selama kurang lebih 15 menit dan yes!! Mereka berhasil.

Usai sudah demo Flatland dan Freestyle Motor, dan selanjutnya penonton yang haus akan aksi adrenalin akan dipuaskan oleh team demo dari Street Free Style yang sudah disiapkan dalam menu untuk hari ini. Nama nama seperti Moonthink Bilga (JKT), Rizky Leonardo (JKT), Ivan Nurma(JKT), Ryan Andhika(JKT), Didi TS alias Jaka Kelana (BDG) dan Jujun(BDG) adalah garansi 100% untuk kepuasan penonton. Dan tanpa menunda lagi, dipandu oleh duo MC Gendut kita / The Double OO MC ( IAN 51 dan Sony RRC ) sekarang waktunya kita memacu adrenaline. Satu demi satu team demo mulai melahap rintangan yang ada. Trick Air,Trick Tehnikal dan Flip Tricks dipertontonkan oleh team Street Free style. Sangat disayangkan sekali salah satu anggota team demo terjatuh dan mengalami insiden pada saat dia mencoba trick 360 tail whip over the spine, sakit yang dialaminya serasa juga dialami oleh penonton. Segera tim medis dari Palang Merah Indonesia memasuki lapangan dan memindahkan teman kita yang malang ketepi lapangan. Acara harus tetap berjalan, tidak lama kemudian para riders pro yang seharusnya hanya ikut bertanding, masuk dan memberikan bantuan dengan ikut mengeluarkan trick yang susah dan berbahaya. Demo ini selesi dalam waktu 20 menit dan kita bersiap untuk masuk ke pertandingan Flatland Junior.

Dynamic Duo, Farid dan Ari saat berdemo10 peserta Flatland Junior memberikan yang terbaik untuk memikat para Juri yang diketuai oleh Apep(Ketua Juri), Levi(Juri), Been(Juri) mereka sangat serius memperhatikan ke 10 junior ini bertanding untuk mengukuhkan dominasi dan keberadaan mereka. Sandu dari 4landers Bekasi membuat kita semua yang ada disana terkesima, dan jangan lupakan Wiwid, Maulana, yogi dan peserta tuan rumah Ian. Setelah run yang berlangsung cepat dengan waktu 1 menit yang juga termasuk last trick ( last 10 seconds) per peserta, maka usai sudah babak penyisihan ini dan para junior pun harus bersabar mengetahui siapa saja diantara mereka yang berhak maju ke Final. Selanjutnya sudah menunggu pertandingan Street Junior yang tidak kalah menegangkan.

19 peserta Street Junior harus berjuang semampu mereka untuk dapat menang di seri ini, nama nama seperti Danang(Purwokerto), Rocky(Bandung), Andi(Bandung), Lomo(Medan), Sony(Bogor), Lea(Garut) adalah beberapa nama yang harus diwaspadai oleh peserta lainnya. Setelah para juri Apep(Ketua Juri), Caplank(Juri), Insan(Juri) memberikan briefing singkat mengenai standar penilaian dan peraturan, maka pertempuran di mulai. Satu persatu mereka mulai menaklukan alat-alat yang ada sampai nafas terakhir, trick seperti can-can,360,tail whip,seat grab,x-up dan back flip adalah beberapa trick yang mereka tunjukan kepada para penonton di Karawang siang menjelang sore hari itu. Wow, sepertinya ini hanya soal waktu saja untuk beberapa dari Junior ini yang harus naik ke kelas Senior di tahun depan.

Sekarang waktunya kita untuk melihat pertandingan di kelas Flatland Senior, dikelas ini akan terjadi pertarungan yang keras dan ulet. Dan itulah yang dibicarakan oleh orang orang dikategori ini, disini kita punya Gacul(Bekasi), Ais(Jakarta), Cipaw(Bekasi), David(Jakarta), Botay(Jakarta, yang baru saja sembuh dari patah tulang akibat kecelakaan motor) dan hadirnya 2 orang riders dari Malaysia (Matsumas dan Yat). Ini merupakan kepuasan 100% terhadap para pecinta flatland dan ternyata itu benar. Sangatlah susah untuk melihat siapa yang terbaik dikategori ini dikarenakan persaingan yang sangat ketat, bahakan para juri pun mengalami sedikit kesulitan untuk menentukan siapa yang berhak maju ke fianal? Dan akhirnya juri memutuskan bahwa ke tujuh riders yang beruntung ini untuk semuanya maju ke final dan bertarung hidup mati di final.

Dan sekarang kita akan menuju ke pertandingan dikelas Street Senior, semuanya sudah siap untuk bertarung di arena. Mereka mulai melakukan run pemanasan yang berlangsung selama kurang lebih 10 menit, dan diiringi oleh gemuruh para penonton Karawang dan saudara saudara dari Flatland dan BMX cross. Semua yang ada disana menyebutnya sebagai “The Bone Crusher Time” atau waktu pengahncur tulang, tetapi sayangnya sayup sayup adzan maghrib pun terdengar maka panitia memutuskan untuk istirahat selama 1 jam.

Tepat pada pukul 7 pertandingan dimulai kembali, sepertinya adrenalin sudah terpacu ke titik maksimum. Semua peserta melakukan run pemanasan kembali selama 5 menit, sepertinya mereka tidak membuang waktu untuk mengobrak abrik arena pertandingan. Absennya Rizky Leonardo membangkitkan semangat riders yang lain, Moonthink Bilga(Jakarta), Ivan Nurma(Jakarta), Ryan Andhika(Jakarta), Didi TS(Bandung), Esa(Bandung), Oke(Bandung), Mathius(Bandung), Jujun(Bandung), Syafril(Jojakarta) dan saudara kita dari Filipina Armand Young Mirano. Waktu 5 menit usai sudah, juri dan duo MC Double OO sudah bersiap dan sekarang saatnya beraksi. Pada run pertama ini semua riders senior ini memberikan semua usaha yang terbaik untuk melewati semua rintangan yang ada di depan mereka, sangat lah mengagumkan melihat mereka mengelurakan trick trick andalan mereka. No Foot to can-can, Superman seat grab, Suicide, X-Up & X-Down, Front pegs grab, Double tail whip, Wall Ride to Transfer, Back flip over the spine, Fufanu, Abubaca, Flair in the quarter, Hand Plant over the spine dan masih banyak lagi trick yang ditunjukan oleh para senior ini kepada penonton. Setelah menahan nafas selama 15 menit, sekarang waktunya untuk sedikit menenangkan diri di Karawang pada malam itu.

Matsumas meneruskan kemenangan BMX MalaysiaFarid Melon dan Arie Tilil datang kembali untuk di aspal arena untuk menunjukan trick yang lebih hebat dan lebih gila. Farid dan Arie saling mengisi waktu dengan trick trick yang rumit seperti seat transfer, rolling, front flip, asphalt surfing, burn out, dan flame thrower / semburan api dari knalpot motor Arie Tilil. Sebua kombinasi yang baik antara BMX dan Motor Free Style.

Tidak lama setelah demo, acara dilanjutkan dengan final Flatland Junior. Ke 5 orang riders yang berhasil masuk ke Final adalah Wiwid, Sandu, Maulana, Halim dan Ian. Bertanding lebih keras dari pada babak penyisihan, di babak final ini pertandingan berlangsung dengan sangat ketat dank eras dari sebelumnya. Sangat ketat, bahakan sampai pada saat peluit terakhir sangatlah susah untuk mengetahui siapa yang akan menjadi juara di kategori ini.

Selanjutnya pertandingan dilanjutkan ke Final Street Junior, pada run ke 2 atau final ini kebanyakan dari pada riders tidak dapat memberikan performa terbaik mereka. Dehidrasi ataupun kelelahan mengakibatkan beberapa riders melakukan kesalahan kecil namun berakibat fatal terhadap penilaian, beberapa riders mengakui kalau mereka kehilangan konsentrasi pada final ini. Sony (Bogor) yang melakukan backflip dengan mulus di run pertama juga gagal di run ini, dan juga Danang (Purwokerto) yang baru saja menjadi juara 1 WIMCYLE Junior BMX seri ke 1 di Bekasi 2 minggu yang lalu mengalami nasib yang sama. Rocky(Bandung) adalah satu-satunya riders yang bermain secara konstan. Hanya butuh waktu selama 10 menit untuk menyelesaikan run di Final Street Junior, bersiap final Flatland Senior.

Moonthink harus puas jadi runner-upSeperti kita ketahui ke 7 finalis yang mendapatkan wild card untuk maju ke final sangat memusingkan para juri untuk meberikan penilaiannya. Botay sepertinya sudah mendapatkan kembali sentuhan ajaibnya sedangkan Gacul lebih berkonsentrasi untuk menghadapi Dinamic Duo dari Malaysia ( Matsumas & Yat ) dan juga Ais, David & Cipaw bermain sangat cantik sehingga membuat orang bertambah bingung, siapakah yang akan memenangkan Final Flatland ini?

Di Final Street Senior, Armand dari Filipina bermain sangat keras tetapi cantik dan mulus dengan Hand Plant On The Spine-nya dan Flair On The Quarter yang sangat sangat indah. Moonthink pun melakukan hal yang sama dengan Armand, melakukan Wall ride transfer to Sub rail yang sangat mulus sehingga mendapatkan aplus yang meriah dari penonton. Ivan Nurma dengan Doble Tail Whip yang sempurna, sementara Jujun dan Didi TS mengeluarkan trixk Superman, Kamikaze,No Hand, Back Flip X-Up dan Tail whip on the big quarter. Sementara Ryan dan Syafril dengan Backflip dan tail whip, fly out alley oop,360, Kamikaze no Hand dan X-Up.

Esa,Oke dan Mathius mengeluarkan trick 360, Superman, Back Flip, Double peg grabs over quarter ramps, nothing dan turn down. Run final ini terasa sangat cepat yang mana waktu untuk final ini hnaya berlangsung selama 12 menit saja. Akhirnya semua sesi pertandingan sudah dilaksanakan, dan para juri bersibuk diri dengan penilaian,memutuskan dan adu argument untuk meutuskan siapa yang akan menjadi pemenang. Sementara juri sibuk, beberapa riders sibuk dengan kegiatannya masing masing. Didi dengan toko sepeda dadakannnya, Armand dengan 3 orang asistennya yang cantik dan Yat yang melakukan beberapa gerakan semi break dance.

Setelah 30 menit menunggu, tertawa, berkeringat, dan penuh canda, hasil final diberiakn kepada duo MC Double OO. Dan sekarang adalah waktunya untuk mengumukan pemenangnya, dan pemenangnya adalah:

Kategori : FLATLAND , Kelas : JUNIOR  
No RIDER TEAM SPONSOR TOTAL POINT 
1 Wiwid Fourlander – Bekasi – 65 
2 Sandu Fourlander – Bekasi Polygon 64 
3 Maulana X-Goro – Bekasi – 63 
4 Ian 163 – Karawang – 51 
5 Halim X-Goro – Bekasi – 49
Para pemenang Flatland Junior

Kategori : FLATLAND , Kelas : SENIOR  
No RIDER TEAM SPONSOR TOTAL POINT 
1 Matsumas YSB, Malaysia YSB, Malaysia 77,67 
2 Botay Wimcycle Wimcycle 69 
3 Gacul Fourlander – Bekasi United Bike 68,67 
4 Ais Senayan Polygon 64,67 
5 M. Hidayat YSB, Malaysia YSB, Malaysia 61,33 
Para pemenang Flatland Senior

Kategori : STREET, Kelas : JUNIOR  
No RIDER TEAM SPONSOR TOTAL POINT 
1 Rocky Level Bikes – Bandung – 62,33 
2 Iwan Level Bikes – Bandung – 59 
3 Andi Level Bikes – Bandung – 58,67 
4 Lea Street Players-Garut – 57 
5 Danang Kucel DPRD Purwokerto 53,64 
Para pemenang Street Junior

Kategori : STREET, Kelas : SENIOR  
No RIDER TEAM SPONSOR TOTAL POINT 
1 Armand Scrap Bikes-Philinnes Scrap Bikes-Philipinnes 79,67 
2 Moonthink Wimcycyle Wimcycyle 78,67 
3 Didi Tria Sanjaya B2ST-Bandung Eat 77 
4 Jujun B2ST-Bandung Eat 76 
5 Reza B2ST-Bandung Oakley, Xtreme Toys 73,33 
Para pemenang Street Senior

Selamat kepada para pemenang. Tapi jangan lupa, masih ada tantangan yang akan datang. Samapai ketemu di event selanjutnya di WIMCYLE BMX OPEN 2008 seri ke 3 di kota terdekat dengan anda.

{jgototop}{/jgototop}

Comments