Space Iklan masih tersedia
Home / News / The Unforgotten / Ari Tilil

Ari Tilil

Ari TililBuat yang sering mengikuti kompetisi yang Asosiasi BMX Indonesia adakan pastilah pernah melihat sosok yang satu ini. Kemampuannya di atas motor matic tak diragukan lagi sehingga mampu menghibur para penonton dengan aksi-aksinya. Berbekal basic BMX yang cukup kental, akhirnya dia memutuskan untuk berubah haluan menjadi Stuntrider professional. Pernah melihat iklan motor matic dengan alat BMX? Yap.. ini dia stuntrider tersebut. Yuk simak obrolan-obrolan dengan Ari… 

Mulai aktif main BMX dari kapan?
1994 karena ikut-ikutan trend saat itu

Kalau berhenti aktif main BMX kapan?
Sebetulnya sih belum berhenti walaupun intesitas mainnya tidak seperti dulu lg dan lebih untuk ngulik trik motor pakai sepeda

Aktivitas Anda sekarang?
Stuntrider/profesional freestyle motor (specialis cvt matic)

Mengapa Anda beralih dari BMX ke stuntrider?
1. Tertantang untuk mencari hobi baru tapi yang tidak jauh dari dunia freestyle
2. Tidak banyak saingan yang punya basic skill dari BMX karena akan lebih mudah mengaplikasikan trik ke motor jika mempunyai basic skill BMX 

Trik dasar BMX yang diaplikasikan ke motor apa saja?
Surfing, Swicthback, Wheelie, Endo, dan banyak lagi

Prestasi yang sudah Anda raih sebagai stuntrider sendiri apa saja?
The Best CVT Matic U Mild U Bikers 2008 Pro perorangan, Peringkat 1 Nasional 2008, Juara 1 dan Juara 3 CVT Matic Beregu U Mild U Bikers 2009 Mandala Krida Jogjakarta, dan banyak lagi.

Siapa bilang BMX dan Motor Matic tidak bisa duet? (BMX: Farid, Matic:Ari)Asal muasal dijuluki “Tilil” (kalau di komunitas bmx) and “Moondur” (kalau di komunitas stuntrider) ?
Kalau Tilil, nama julukan yang diberi oleh teman saya, Ucup Bike yang menurut dia kaki saya tuh panjang seperti burung tilil ( memang ada yah burung namanya tilil? ) yang memudahkan saya untuk bisa melakukan trik-trik di bmx yang orang lain tidak bisa lakukan. Nah kalau Moondur, nama itu saya dapat dari temann-teman team di JXA (Jakarta Xtreme Allstar), alasanya saat saya sedang freestyle sering melakukan trick swicthback atau membalikan badan saat motor jalan lurus. 

Menurut Anda perkembangan BMX sewaktu Anda aktif dibandingkan sekarang bagaimana?Pastinya… jauh sekali berbeda, sekarang lebih maju mulai dari segi tehnik mainnya, part dan sepedanya sudah canggih-canggih ditambah sarana yang lebih banyak dibandingkan dulu saat saya masih aktif main dimana masih terbatas semuanya.

Anda salah satu rider yang ikut mendeklarasikan ABI mewakili chapter Bekasi, menurut anda perkembangan ABI bagaimana? 
Sejauh pengamatan saya, ABI mengalami kemajuan yang fluktuatif/naik turun tidak ada kemajuan yang signifikan dikarenakan mungkin faktor SDM yang kurang, support dari donatur yang belum mencukupi untuk mengurus ABI, tapi saya catat kemajuan yang paling kontras pada beberapa tahun belakangan ini ABI telah bisa untuk mengirim ridernya ke pentas internasional maupun Asia dan hasil peringkat dari rider yang diberangkatkan itu sendiri ternyata memuaskan, mengingat keterbatasan sarana dan prasarana untuk bermain bmx di Indonesia. 

Tanggapan Anda tentang riders BMX saat ini?
Top banget… tambah keren trik-triknya, tapi yang saya lihat ridersnya agak sedikit individual dibanding waktu saya masih aktif. Anak-anak sekarang yang saya lihat kurang untuk bersosialisasi ke anak-anak yang punya minat untuk main bmx, beda dengan zaman saya yang justru malah merekrut anak-anak yang tidak main bmx supaya ikut main bmx.

Ada pesan atau masukan bagi generasi BMX sekarang?
Lebih gokil lagi, lebih solid dan go internasional supaya dunia luar tahu kalau Indonesia tuh punya rider bmx yang sudah bertaraf internasional.

Buat yang mau kenalan, bisa dihubungi di mana nih?

Silahkan via Facebook atau YM ( sxt_freestyler[at]yahoo.com )

 

Comments