Space Iklan masih tersedia
Home / News / Tips & Tricks / Ban Belakang Harus Tepat di Bawah
Ban Belakang Harus Tepat di Bawah

Ban Belakang Harus Tepat di Bawah

Berlatih trik melipat sepeda dengan posisi tubuh freestyler berdiri menginjak pedal, dan posisi ban belakang tepat di bawah dikenal unik dan simpel. Dikalangan pemain sepeda freestyle, trik ini dinamakan turndown. Anda sebagai seorang pemula bisa mengeluarkan trik ini. Asalkan berlatih secara benar, teliti, paham dan serius.

Mengeluarkan trik turndown harus memperhatikan posisi ban belakang saat terbang. Karena, menurut Asep Tubagus Trenandi, salah satu juri BMX Flatland Asian Indoor Game II 2007 di Macau, seorang freestyler yang hendak memperagakan trik turndown, sebisa mungkin harus memastikan posisi ban belakang. Posisi ban belakang dalam trik ini harus berada tepat di bawah freestyler. “Kalau posisi ban agak miring ke samping, itu dinamakan lookdown. Jika posisi bannya horizontal, itu trik lookback,” jelas Manager Bandung Bicycle Stunt Team (B2ST) Entertainment School BMX ini. 

Secara sekilas, bentuk kedua trik ini sama dengan turndown. Namun, karena sudut dan posisi bannya beda, maka beda pula nama triknya. Hampir semua freestyler menyukai trik yang ditemukan oleh Harry Clarence Leary Jr (49), seorang BMX pro racer berkebangsaan Amerika Serikat (AS) tahun 1970 ini. “Tidak tahu kenapa hampir semua freestyler menyukai trik ini. Mungkin karena karakternya kuat dan unik,” ujar pemuda kelahiran Bandung, 22 Desember 1981.

Sebelum mencoba trik ini, usahakan Anda meneliti terlebih dahulu bentuk dari trik turndown itu sendiri. Perhatikan arah atau posisi bar. Di sini (turndown), posisi bar yang sebelumnya menghadap ke depan, akan berbalik menjadi berhadapan dengan sadle. Kalau bisa, lebihkan belokan posisi bar-nya ke dalam. 
Kemudian, perhatikan posisi badan Anda. Ketika sudah terbayangkan bakal mengeluarkan turndown, posisi badan bukan lagi berada di belakang frame, melainkan berada tepat di samping. Jika dilihat sekilas, memang bentuk turndown sedikit “aneh”. “Trik ini sekilas aneh, karena posisi badan Anda berubah ke posisi yang mustahil. Tadinya di atas frame, berubah menjadi menyamping,” jelas Asep atau biasa di panggil Apep.

Keanehannya lagi, posisi tangan dan kaki freestyler tidak terlepas dari bar dan pedal. Kebanyakan orang, menurut Apep, pusing menggambarkan posisi trik turndown. Karena salah memahami, akan menimbulkan ucapan trik yang beda dari sang komentator atau juri.
Begitu Anda sudah memahami pengertian dari turndown, berarti tinggal mempraktekan triknya di lahan bermain BMX Freestyle. Langkah awal yang mesti dilakukan di atas sepeda adalah mengambil kecepatan secukupnya untuk lompatan. Saat ban depan sudah mulai lepas landas (take off), posisi badan di pump ke atas depan dengan posisi badan agak miring. Jika kaki depan Anda ke kanan (regular), maka gerakan bar Anda ke kiri bawah. “Biasanya hal yang menghalangi proses pergerakan posisi turndown adalah kaki tidak sejalan atau kaku,” kata Apep.

Namun, lambat laun posisi kaki bakal mengikuti, saat Anda membelokan bar. Ini spontan mendorong posisi kaki mengikuti pembelokan bar itu, karena power sepenuhnya ada pada waktu pembelokan bar. Secara langsung posisi kaki menjadi rata berdiri sejajar dengan sadle arah horizontal.
Untuk latihan pertama kali, posisi turndown akan kurang menghadap ke depan. Posisi badan dan frame tidak akan langsung terlihat lurus (vertikal), tapi akan lebih terlihat miring. “Seseorang tidak akan menemui kesempurnaan dilatihan pertama.” Menurut Apep, untuk menemui posisi badan dan frame lurus, seseorang harus terus menekuni latihan turndown. 

Kalau kesempurnaan telah didapat, Anda bisa memvariasikan sedikit bentuknya agar nampak “keren”. Caranya, Anda bisa membelokan bar lagi lebih dalam. Tidak hanya 180 derajat, tapi 270 derajat. Atau bisa juga dengan cara mencondongkan badan Anda ke arah belakang. Cara seperti ini menyebabkan salah satu kaki Anda mendorong sepeda ke depan dan juga menghasilkan dorongan ban belakang maju ke depan.
Setelah trik turndown muncul di udara, jangan lupa mengembalikannya lagi. Biasanya trik ini bisa membuat badan Anda terkunci dan menyebabkan Anda terjatuh bersama sepeda. Beda dengan trik lain macam Superman, yang bila ada kesalahan Anda bisa melemparkan sepeda ke samping. Dalam turndown
sukar melakukan itu..

Lalu bagaimana cara mengembalikan posisi badan dan sepeda seperti semula? Apep menguraikan dengan cara secepat mungkin atau segera menarik bar ke arah sebaliknya dengan dorongan tangan disebelahnya dan dorongan kaki yang dipinggir sadle ke arah belakang. Posisi turndown akan kembali ke posisi awal sebelum landing. Mendarat mulus dan poin tinggi akan siap diacungkan juri.

Comments