BMX Local Heroes 2018
Home / News / Figure / Bapak dr. Hario Tilarso, FACSM, Sp.KO
Bapak dr. Hario Tilarso, FACSM, Sp.KO

Bapak dr. Hario Tilarso, FACSM, Sp.KO

Tim AsosiasiBMX[dot]Com beberapa waktu lalu menyempatkan diri berbincang dengan seorang pakar olah raga yaitu Bapak dr. Hario Tilarso, FACSM, Sp.KO. Berikut petikan perbincangan kami dengan beliau mengenai olahraga extreme dari segi pelatihan. Langsung saja kita simak.

Salam olah raga dok , boleh minta waktunya sebentar? Kalau menurut dokter, sejauh ini apakah porsi latihan atlet olahraga non prestasi dapat disamakan dengan atlet olahraga prestasi?
Silahkan. Menurut saya belum, karena hingga saat ini belum ada olahraga non prestasi dengan latihan yang benar-benar terukur dari segi fisik.

Kalau begitu, apakah ada standar latihan untuk atlet olahraga extreme?
Tentu saja ada. Mereka (para atlet) sebaiknya latihan beban untuk melatih otot agar organ-organ tubuh mereka menjadi lebih fleksibel.

Lalu bagaimana sebaiknya pola latihan untuk rider olahraga extreme ini dok?
Pertama-tama tentu fisik mereka harus dalam keadaan sehat, lalu kondisi kebugaran juga dalam kondisi yang baik. Sebaiknya, untuk menjaga kebugaran fisik berlatihlah dengan rutin. Atlet pada saat berlatih jangan langsung melahap porsi latihan yang berat. Latihan dimulai dengan yang ringan terlebih dahulu untuk peregangan otot agar tidak kaget saat berlatih porsi yang berat. Dengan begitu akan terlatih pola keseimbangan selain tentunya juga akan menambah skill atlet yang bersangkutan.

Menurut pengamatan dokter, tanggapan atlet olahraga extreme terhadap latihan ini bagaimana?
Menurut saya, sejauh ini mayoritas dari mereka (para atlet) belum melakukan sesuai dengan yang organisasi induk sarankan. Hal yang harus diingat oleh atlet adalah walau bagaimanapun kesehatan adalah hal yang utama untuk mencapai keberhasilan.

Terima kasih atas sarannya dok, semoga akan menambah pengetahuan bagi para pencinta olah raga extreme ini.
Baik, sama-sama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*