Space Iklan masih tersedia
Home / News / Competition / BMX Competition on Tahun Pemuda Bersepeda

BMX Competition on Tahun Pemuda Bersepeda

Mathius berfoto bersama Menpora, ABi dan B2WSabtu pagi yang cerah tepatnya tanggal 6 Maret 2010 yang lalu Komunitas BMX indonesia yang tergabung dalam organisasi ASOSiASi BMX iNDONESiA., turut serta maramaikan Event yang diselenggarakan oleh salah satu Komunitas Sepeda terbesar yaitu B2W ( Bike To Work. Red ) di halaman depan GRAHA MENPORA, Senayan Jakarta, yang bertajuk Gebyar Sepeda Menpora.   
           
Acara ini merupakan salah satu program dari Kementrian Negara Pemuda dan Olah raga Republik indonesia, untuk mencanangkan Tahun Pemuda Bersepeda dan tujuannya adalah menjadikan negara indonesia bersih dari polusi kendaraan dan dihuni oleh masyarakat yang ramah, sehat dan ceria

Bukti bahwa junior mampu Bacflip On The Spine dari Yudo ( Bdg)“Acara ini untuk memasyarakatkan lagi sepeda. Kita ingin menggunakan sepeda tidak hanya pemuda, tetapi yang di atas pemuda juga bisa ikut,” ujar Sesmenpora Bpk Wafid Muharam saat membuka Gebyar Sepeda Menpora 2010 di halaman Gedung Kemenegpora.

Ada beberapa disiplin / kategori yang dipertandingkan yaitu : Championship untuk Street Park dan Flatland ( senior & junior – red ) juga Contest untuk Street Park dan Flatland ( bunny hop, best air trick, high air contest, best trick dan Front best trick – red ) dengan total pendaftar 86 rider, yang datang dari wilayah JABODETABEK, Bandung dan Jogjakarta.       

iringan music energic yang dimainkan oleh DJ panggung menandakan dimulainya Competisi BMX ini yang langsung dipimpin oleh dua MC handal dari BMX ( ian Karim dan Amel.red ) dan langsung disambut oleh tepuk tangan meriah dari penonton.
Pertarungan pun dimulai, aksi dari para rider flatland junior membuat arena BMX semakin dipadati oleh pengunjung, setelah itu dilanjutkan ke kelas Flatland senior dan Street park junior.

Pukul 14.45 WiB, Bpk Menpora, Andi Mallarangeng memasuki halaman GRAHA MENPORA dan langsung diminta naik ke panggung untuk memberikan pidatonya, “ Saya minta maaf tadi pagi tidak bisa hadir membuka acara ini karena ada acara dengan Bapak Presiden. Tetapi, mari kita kembangkan terus, gelorakan bersepeda, karena melalui sepeda kita dapat memajukan perekonomian di indonesia dan indonesia merupakan salah satu Negara pengekspor sepeda terbesar di dunia, juga dengan bersepeda membuat lingkungan di indonesia semakin bersih dan sehat. ”  ujar beliau panjang lebar namun dengan gaya bahasa yang tegas. Lalu beliau dan Bpk Totok Sugito ( Dewan Pembina B2W – red ) menerima Piagam penghargaan dari Bpk Danil Gunawan selaku Ketua ASOSiASi BMX iNDONESiA, yang sedikit menyampaikan pesan agar KOMUNiTAS BMX iNDONESiA lebih diperhatikan dan diberi dukungan perihal keberangkatan Atlet BMX indonesia untuk bertanding ke luar Negeri.                                                                                 

Pedalling dari Nurland yang kembali jadi jawaraSetelah beliau menyampaikan pidatonya, rombongan dari MENPORA pun turut menyaksikan aksi para Rider Pro dimulai oleh ivan dari Wimcycle, Jakarta ( Tailwhip.red ) Okke dari DC Shoes, Bandung ( Backflip.red ) Moonthink, dari Wimcycle, Cianjur ( Superman.red ) Matheus dari Oakley, Bandung ( Barspin.red ) Jujun dari Eat, Bandung ( Superman Seatgrab.red ) Wendy dari Elgato, Jogyakarta (Whip indian Air.red ) Jack dari Eat, Bandung ( Whip Downside.red ) Didi dari Eat, Bandung (360 tailwhip.red ) Rizky dari Oakley, Bekasi ( 360.red ) dan dua aksi rider junior dari Andy, Bandung ( X-up.red ) dan Aby dari Wimcycle, Bekasi ( Kamikaze.red ) serta aksi yang memukau dari dua rider Flatland yaitu Januar dari Wimcycle ( Jakarta ) dan Cipaw ( Bekasi ).

Usai menunjukkan trik – trik dahsyatnya pertandingan pun dilanjutkan kembali untuk kelas street park senior. Dan sampai pada saatnya kategori Jam Sesion, High Air Contest di mainkan, suasana semakin meriah untuk pemenang kategori ini peringkat ketiga diraih oleh Rizky Leonardo dengan loncatan setinggi 2,60 m, sedangkan  diperingkat kedua diraih oleh Jujun junaedi masih dengan loncatan setinggi 2.60 m namun lebih mulus saat landing, dan hasilnya dimenangkan oleh Matheus, Bandung yang berhasil melewati halang rintang setinggi 2,65 m dalam satu kali loncatan ( 4,25 meter dari permukaan tanah.) . Gile… kecil-kecil cabe rawit bro!

Pertandingan dilanjutkan ke Kategori Best Trick Flatland dimana setiap peserta menunjukkan kemahirannya dalam melakukan berbagai macam trik – trik combo, seperti Hichaiker Back to Back Rollstem yang di lakukan oleh Arrad Gacul yang berhasil menduduki peringkat ketiga, kemudian dilanjutkan oleh M Aristyo dengan trik Pinky Squeek Backpacker Halfpacker dan berhasil menduduki peringkat kedua, dan penampilan paling memukau ditunjukkan oleh Evan yang berhasil menduduki peringkat pertama dengan trick andalannya yaitu Frontstem Back to Back to Flip to Flip. Dahsyat maaaann.. !

Adi, berhasil mengalahkan mentornya sekaligus memecahkan rekor Bunny HoopJam session selanjutnya adalah Best Trick Park, untuk kategori ini para rider street senior menunjukkan kebolehannya dalam menaklukan setiap obstacle dengan beberapa hard trick seperti Double Tailwhip oleh ivan yang menduduki peringkat ketiga, tak ketinggalan aksi dari Matheus yang mengeluarkan trik Whip to Drop in to Whip dan berhasil menduduki peringkat kedua, terakhir Jujun Junaedi menaklukan obstacle dengan trik 180 Barspin Drop in to Fakie yang langsung menduduki posisi teratas untuk kategori ini.

Kemeriahan acara tak berhenti sampai disitu, Jam Sesion dilanjutkan ke kategori Front Best Trick Flatland, peringkat ketiga diraih oleh Nurland dengan trik Pedalling, disusul oleh Januar dengan trik Hangfive to Pinky Squeek Hichaiker dan peringkat pertama diraih oleh Evan dengan trik Front Stem Back to Back to Flip.

Bunny Hoop contest menjadi acara penutup Jam Session kali ini, dan juara ketiga diraih oleh Roni ( pemegang rekor MURi Bunny Hoop ) dengan ketinggian 110 cm, sedangkan juara kedua di raih oleh Deni dengan ketinggian 110 cm dan peringkat pertama di raih oleh Adi dengan ketinggian 115 cm. Dengan demikian pecahlah rekor MURi untuk Bunny Hoop yang pada tahun 2005 “hanya” mencapai ketinggian 90 cm.

Tak terasa waktu terus beranjak menuju malam hari dan semua perlombaan telah selesai dilaksanakan, tiba saatnya pengumuman Pemenang dan pembagian Hadiah kepada peserta lomba untuk memperebutkan Piagam penghargaan dari MENPORA serta dana pembinaan senilai 25 juta rupiah.

Semoga dengan terus diadakannya Event – event berskala national serta dukungan dari pihak Pemerintah dan sponsor, olah raga BMX di indonesia semakin berkembang dan menjadi salah satu kecabangan olah raga bersepeda yang mempunyai gengsi tinggi dan juga dapat mengharumkan nama Bangsa indonesia.

Berikut hasil lengkapnya :

Kategori flatland senior
1. Nurland, Polygon / 80 pts
2. Evan, Flatbek  / 76,67 pts
3. Januar, Wim Cycle / 74,67 pts
4. Gacul, United Bike / 70,33 pts
5. Adnan, A9 Kuningan / 69 pts

Jawara Flatland Senior

Kategori flatland  junior
1.    Heru Anwari, Mugabe / 55 pts
2.    Wiwid, Flatbek / 51 pts
3.    Fuad Aco, Flatbek / 47 pts
4.    Aji Mamat / 43,33 pts
5.    Ramdani / 38,33 pts

Jawara Flatland Juniior

Kategori Street senior

1. Rizky Leonardo, Oakley / 81,67 pts
2. Moonthink, Wim Cycle / 71,67 pts
3. Okke, DC / 71 pts
4. Jujun, Eat / 68,33 pts
5. Didi, Eat / 68 pts

Jawara Park Senior

Kategori Street Junior

1. Reno, Wim cycle /  60 pts
2. Lomo, Wimcycle / 55,67 pts
3. Ray Febrian, Bandung BMX / 49,67 pts
4. Nandar Tukil, Eternal / 49 pts
5. Ade, Serang / 47 pts

Jawara Park Junior

Kategori Flatland Front Best trick
1. Evan /  Frontstem back to back to flip to flip
2. Aristyo / Pinky squeek backpacker halfpacker
3. Gacul / Hichaiker back to back rollstem

Kategori Flatland Best trick
1. Evan / Front stem back to back to flip
2. Januar / Hangfive to pinky squeek hichaiker
3. Nurland / Pedalling



Kategori Park high air
1. Matheus / 2,65 m ( 4,25m dari tanah )
2. Jujun / 2,60 m ( 4,20m dari tanah )
3. Rizky L / 2,65 m ( 4,25m dari tanah )



Kategori Park best trick
1. Jujun / 180 Barspin drop in to fakie
2. Matheus / Whip to drop in to whip
3. ivan /  Double Tailwhip



Kategori Bunny Hoop

1. Adi                115 cm
2. Deni                110 cm
3. Roni                110 cm



Comments