Space Iklan masih tersedia
Home / News / Tips & Tricks / Dasar-dasar Mempelajari Trik BMX
Dasar-dasar Mempelajari Trik BMX

Dasar-dasar Mempelajari Trik BMX

LATIHAN FISIK DALAM MENGUASAI SEPEDA

Sebelum memulai untuk mempelajari trik – trik dalam BMX ada baiknya melatih fisik terlebih dahulu fungsinya untuk mengenal dan menguasai sepeda sebagai media yang sering akan digunakan untuk belajar lebih jauh dalam penguasaannya.
 
1. Melatih kekuatan tangan

Dalam mengendarai/mempelajari sepeda BMX kekuatan tangan sangat mutlak diperlukan untuk bagaimana cara memegang kemudi ( handle bar ) dengan kuat penguasaan sepeda baik didarat atau pada saat mendarat setelah melakukan trik jumping diudara. Misalnya dengan melakukan push up / mengangkat beban ringan secara rutin , pull up  ( mengangkat badan keatas dengan tangan bergelantung ).

2. Melatih kekuatan kaki

Selain kekuatan tangan yang harus dilatih , melatih kekuatan kaki juga perlu diperhatikan gunanya untuk menyeimbangkan keseimbangan tubuh pada saat mengayuh dan mengatur kecepatan / laju sepeda bahkan menahan saat sepeda pada posisi diam. Misalnya membiasakan mengendarai sepeda sesering mungkin atau jika perlu ditambahkan dengan lari pagi sangat baik untuk pernafasan.

BERLATIH KELUWESAN & KESEIMBANGAN TUBUH

Faktor utama dalam mempelajari sepeda BMX adalah setiap anggota tubuh harus luwes pada setiap gerakan untuk mendapat keseimbangan yang baik , oleh karena itu sesering mungkin dalam belajar BMX banyak melakukan gerakan atau membiasakan mengendarai sepeda ( BMX ) agar penguasaan sepeda lebih optimal.     

BERLATIH CARA JATUH YANG BAIK

Dalam mempelajari sepeda BMX selain beberapa trik yang harus dipelajari tidak menutup kemungkinan resiko dapat terjadi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan penguasaan mengendalikan sepeda juga perlu pada saat jatuh/ luar kendali

Comments