Space Iklan masih tersedia
Home / News / The Unforgotten / Edy Priyatna
Edy Priyatna

Edy Priyatna

Siang itu kami mampir di tempat kesibukan seorang Mang Edoy, sebutan riders BMX padanya yang dahulu aktif dengan Klinique BMX Team. Tempat yang kami kunjungi adalah bengkel sepeda kedua yang telah dimilikinya dari hasil kerja kerasnya selama ini, yang berlokasi di daerah Cipinang, Jakarta Timur. Tempat ini juga sering dijadikan tempat kumpul para rider BMX khususnya anggota tim Klinique BMX Team. Mari kita simak beberapa obrolan kami dengan beliau di sela-sela kesibukannya yang saat itu sedang menyetel velg sepeda milik salah seorang pelanggan tokonya.

Mulai aktif main BMX dari kapan mang?
Sekitar tahun 1983. Saya suka karena banyak teman juga yang bermain, bikin sehat, bisa menghasilkan uang. Hehehe.

Kalau berhenti aktif main BMX kapan?
Tahun 1990, karena saya mencoba untuk mencari kerja dan jarangnya komunitas BMX yang ada pada saat itu. Memang saat ini saya sudah tidak bisa sesering dulu lagi untuk melakukan aktivitas berBMX ria namun saya masih menyempatkan untuk bersosialisasi terhadap perkembangan  BMX saat ini, itu dikarenakan saat ini saya memiliki kesibukan yang tidak bisa saya tinggalkan namun saya pasti terus dukung para BMX Indonesia

Menurut mamang perkembangan BMX sewaktu aktif dengan sekarang bagaimana?
Perkembangan BMX sekarang sudah berkembang pesat dibanding dulu. Penyebab hal tersebut di antaranya adalah faktor perkembangan teknologi yang kini jauh lebih berkembang dibanding dulu. Dulu sulit sekali mendapatkan info tentang BMX entah itu berupa film, tutorial dll, lalu event BMXnya sangat sedikit. Sekarang selain jauh lebih mudah mendapatkan info tersebut, juga sudah mulai lebih punya nilai style baik dari segi permainan, fashion maupun sepedanya sendiri. Apalagi hal ini terus didukung penuh oleh Asosiasi BMX Indonesia yang saya lihat banyak membuat event-event BMX sehingga regenerasi dapat terjadi dan kemampuan ridersnya.jauh lebih berkembang.

Bengkel Mang Edoy

Tanggapan mamang tentang riders BMX saat ini?
Sebelumnya saya mau sedikit cerita. Semasa saya bergelut di BMX sejak tahunn 80an yang biasa saya lihat yaitu “semangat juang dan keingintahuan serta persahabatan yang sangat kental terpendam dalam hati”. Dulu kalau saya ingin memiliki trik baru, saya tak segan-segan datang ke tim lain melihat, bertanya dan ikut latihan bareng tidak peduli jenis permainannya mau itu street ataupun flatland. Setelahnya saya lanjutkan berlatih di rumah sampai trik itu saya hapal dan dapat diperlihatkan pada teman-teman satu tim yang nantinya dapat dijadikan kebanggaan bahwa saya dapat memiliki trik baru di tim saya ini. Pada saat itu masing-masing tim memiliki ciri khas trik yang unik dan masing-masing rider memiliki karakter yang unik dan kuat dan biasanya ditiru oleh para penggemarnya, namun yang saya sedikit sayangkan pada riders BMX saat ini hal tersebut tidak terjadi sehingga ada kesan sendiri-sendiri. Selain itu kurang memiliki karakter  di mana hal ini merupakan ciri dari seorang riders BMX sejati, karena bila dilihat dari karakter rider itu, maka akan terlihat pula jenis permainannya dan akan semakin menarik bagi para pecinta BMX yang melihatnya karena akan semakin banyak jenis karakter permainan yang akan ditampilkan pada saat mereka latihan, demo maupun lomba.

Ada pesan atau masukan bagi generasi BMX sekarang?
Semangatlah dalam menentukan pilihanmu dan terus banyak berlatih hingga bisa mengharumkan nama pribadi keluarga dan negara.

Terima kasih atas waktunya mang, semoga usahanya makin lancar ya…
Sama-sama, salam BMX dari saya untuk pecinta BMX semuanya.

Comments