Space Iklan masih tersedia
Home / News / Goes To School / Goes to School on MAN 8 Jaktim
Goes to School on MAN 8 Jaktim

Goes to School on MAN 8 Jaktim

Asal – muasal program “Goes to School” (Goes di sini bisa diinterpretasikan Goes & Gowes)  berawal dari tahun 2006 dicetuskan pertama kali Asosiasi BMX Indonesia atas dasar untuk menarik minat para pelajar untuk melakukan kegiatan positif bersepeda ke sekolah, utamanya untuk mengembangkan BMX itu sendiri, karena kami melihat bahwa anak – anak sekolah di Indonesia  lebih suka menggunakan kendaraan bermotor ke sekolah. Anak kesekolah yang naik sepeda dianggap kendaraan yang ketinggalan zaman alias tidak gaul.
Untuk menjalankan program ini Asosiasi BMX Indonesia melakukan kerja sama dengan instansi terkait, di antaranya FOMI ( Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia ) dan Departemen Kesehatan yang  tentunya disupport oleh Wimcycle dan pihak sekolah yang bersangkutan. Super Tetra BMX Team yang dipercayai oleh Asosiasi BMX Indonesia untuk menjalakan misi  yang  mulia ini akhirnya mulai menjalankan program tersebut, setelah sebelumnya mampu menjalankan program ini tanpa sponsor di sekolah SMU Diponegoro. MAN 8 Jakarta Timur akhirnya kami pilih sebagai lokasi berikutnya.

Para rider BMX yang berpartisipasi dalam kegiatan iniBpk. Satori, MPd sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan MAN 8 Jakarta sendiri menuturkan bahwa suatu kehormatan bagi sekolah mereka ditunjuk sebagai salah satu lokasi kegiatan ini. ”Semoga program ini dapat berjalan dan berkelanjutan dengan baik. Saya rasa belum ada kegiatan edukasi seperti ini dan saya pikir ada hubungannya dengan salah satu mata pelajaran inti kami yaitu otomotif. Tidak menutup kemungkinan murid-murid kami bisa memahami anatomi sepeda karena tidak jauh berbeda dengan motor, hanya mesin saja yang membedakan keduanya” tutur beliau.

Kegiatan ini bukan saja tentang kampanye tentang bersepeda ke sekolah saja, tetapi dikembangkan dengan adanya unsur edutaiment, kesehatan dan proses penyelamatan bumi dari krisis global warming dan krisis energi. Tentunya diakhiri dengan demo dan coaching clinic  BMX dari tim Asosiasi BMX Indonesia.

Program ini rencananya akan diadakan selama 2 tahun ke depan karena kampanye sepeda ke sekolah bukan perkara mudah dan juga butuh perjuangan dari segala unsur dan kerjasama dengan instansi – instansi yang terkait.         

Comments