Space Iklan masih tersedia
Home / News / Competition / IOXC 2009 Diikuti Delegasi 16 Negara
IOXC 2009 Diikuti Delegasi 16 Negara

IOXC 2009 Diikuti Delegasi 16 Negara

Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC) 2009 siap menghadirkan delegasi dari 16 negara di Kota Makassar pada 15 – 17 Oktober 2009.

“Ajang olahraga ekstrim ini akan diikuti sekitar 200 orang partisipan ditambah delegasi dari 16 negara dari Asia dan Eropa,” kata Asisten Deputi Menegpora MB Zubakhrum Tjenreng pada paparan publik IOXC 2009 di Ruang Pola, Kantor Pemkot Makassar hari ini
Dia mengatakan, saat ini sudah ada delapan negara yang sudah menyatakan siap mengikuti kegiatan tersebut. Yakni, Singapura, Malaysia, Thailand, China, Korea, Jepang, Taiwan, dan Australia. Sementara, komposisi atlet olahraga ekstrim ini adalah 30 persen peserta asing dan 70 persen nasional dan lokal.

Jenis olahraga yang akan dipertandingkan adalah aggressive in-line, BMX freestyle, skateboard, dan wall climbing (panjat dinding). Khusus jenis olahraga ekstrim in-line skate atau lebih dikenal dengan istilah “roller blade”, lanjut Zubakhrum, merupakan pengembangan olahraga sepatu roda yang populer di kalangan remaja, baik nasional maupun internasional.

“Untuk olahraga skateboard akan dinilai dari segi tingginya lompatan dan kecepatan. Sedang untuk panjat dinding dilihat dari segi kecepatan dan kecermatan,” jelas dia.

Mengenai pemilihan kota Makassar sebagai tuan rumah IOXC 2009, Zubakhrum mengatakan, Makassar memiliki lapangan yang cukup representatif untuk olahraga ekstrim berskala internasional, yakni Lapangan Karebosi.

Pertimbangan lain, Karebosi itu menjadi pusat bisnis di tengah kota yang berjuluk “anging mammiri” ini. Pada bagian barat merupakan area lapangan sepak bola dan bagian timur lapangan tenis. Sementara di bawah lapangan  terdapat mal yang sudah difungsikan sejak 2008.

Menanggapi kegiatan IOXC 2009, Sekretaris Daerah Pemkot Makassar M. Anis Kama mengatakan, pihaknya siap mendukung untuk menyukseskan kegiatan tersebut. “Apalagi ini akan dihadiri delegasi dari 16 negara, sehingga kami akan berusaha maksimal memberikan pencitraan positif, khususnya untuk Kota Makassar dan Indonesia pada umumnya,” ujarnya.

Dukungan yang akan diberikan Pemkot Makassar, lanjutnya, seperti kemudahan izin kegiatan dan pemberian diskon untuk sarana dan prasarana melalui kemitraan dengan pihak perhotelan yang menyiapkan akomodasi peserta IOXC 2009. Hal tersebut mengingat terbatasnya dana yang disiapkan Kemenegpora, yakni hanya sekitar Rp 200 juta – Rp 250 juta untuk kegiatan bertaraf internasional itu. (antara)

Comments