Space Iklan masih tersedia
Home / News / Figure / Mbah Boncel
Mbah Boncel

Mbah Boncel

Sore itu di tengah lapangan gelora Bung Karno senayan, Jakarta melintas sesosok pria paruh baya berdandan serba nyentrik, menggunakan helm sepeda dan berkaca mata hitam asyik mengayuh sepeda Onthel bututnya sambil menebar senyuman khas dari bibirnya. Mbah Boncel , begitu sapaan akrab dari teman – temannya yang aslinya bernama Bapak Supriyanto ( 56 tahun).

Ada yang menarik dari pria kelahiran Bantul, Jogyakarta ini yaitu beliau sudah berpetualang keliling Indonesia, sekitar 32 Propinsi yang telah disinggahi beliau menggunakan sepeda Onthel kesayangannya. Dengan berbekal semangat, dan uang saku sebesar tujuh puluh lima ribu rupiah serta hasrat untuk memecahkan rekor Muri, Mbah Boncel memulai petualangannya pada tanggal 11 November 2006 sampai 8 Agustus 2007, dimulai dari Kota Jogyakarta, Surabaya, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, Papua, Lampung, Aceh, Kalimantan, selat sunda hingga Jabodetabek.

Ini dia sepeda Mbah BoncelBagaimana bisa..? “ Saya hanya bertekad dan berdoa serta berkeinginan yang kuat untuk melihat wajah Indonesia, kekayaan alamnya, peradaban dan juga kebudayaannya..” ujar Bapak dari dua orang anak Inge Apriliana ( 20 tahun ) dan Rismanto ( 15 tahun ). Pria yang sehari – harinya bekerja sebagai supir truk ini, awalnya sempat ditentang oleh     sang istri ( Murwani 61 tahun ) karna khawatir akan kesehatan dan keselamatan suaminya. Tetapi tekad ‘Mbah Boncel’ sangat kuat hingga akhirnya beliau mampu memecahkan rekor MURI tepatnya tanggal 27 september 2007 di kantor MURI Semarang, mengalahkan rivalnya Ridwan dari Polewali, SulTeng.

Banyak suka duka yang dialami Mbah Boncel saat melakukan touring keliling Indonesia, diantaranya diusir oleh salah satu aparat, diejek, dikira orang gila, bahkan beliau sempat putus asa di pulau Flores karna kondisi jalannya yang berliku. Tapi  itu semua tidak menyurutkan semangat Mbah Boncel bahkan hal tersebut dijadikan motivasi oleh beliau.

Beliau masih mengantongi mimpi yaitu, menggenjot sepeda sampai keluar negeri! “Rencananya tahun ini saya akan melakukan perjalanan ke Malaysia, Singapore, Brunai, Philipina dan Thailand.. karena saya memprediksikan kurang lebih 4 tahun lagi saya baru akan mengakhiri petualangan bersepeda” ucap Mbah Boncel diakhir perbincangan. Terus bersepeda dan berjuang mbah.. semangatmu sangat menginspirasi kami.

Comments