Space Iklan masih tersedia
Home / News / Checkspot / Trek Punclut
Trek Punclut

Trek Punclut

Trek Punclut menyajikan variasi double jump buat penghobi sepeda dirtjump. Puluhan pesepeda terlihat memainkan sepedanya di Puncak Ciumbuleuit Utara atau lebih dikenal dengan nama Punclut. Rata-rata mereka menunggangi sepeda BMX dan sepeda gunung (Mountainbike-MTB). Yang memiliki BMX, terlihat bermain dirt jump (DJ) di tengah trek. Sedangkan yang mengendarai MTB, asyik bermain di area pump track. Trek ini merupakan sarana bermain sepeda anak-anak Bandung yang menyukai BMX/MTB DJ. Letak trek ini berdampingan dengan trek motorcross. Lokasi persisnya di samping Gedung Radio Republik Indonesia (RRI), Punclut, Bandung, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Bandung atau 3 kilometer dari kawasan belanja Cihampelas.

Trek Punclut menawarkan tantangan tersendiri bagi penghobi sepeda. Walaupun berukuran sekitar 30 x 80 meter, trek ini cukup lega dengan menyajikan beragam rintangan. Di situ ada delapan double jump. Empat double jump berdiri di tengah-tengah area. Rintangan itu untuk memuaskan hobi dirtjumper. Seorang dirtjumper pemula maupun yang sudah piawai dapat menyalurkan hasratnya di rintangan ini.

Buat pemain dirtjump yang baru bisa dan sedang belajar, dapat bermain di rintangan yang berada di tengah kiri dari tempat start. Tinggi dua double jump pemula itu sekitar 1 meter dengan celah sekitar 2 meter. Sedangkan penempatan double jump akhir, landing-nya berdekatan dengan double jump untuk senior . “Pada double jumplanding transfer,” kata Asep Tubagus, yang akrab dipanggil Apep, salah satu perancang trek.. akhir, dirtjumper bisa melakukan

Rintangan yang tergolong ekstrem berada di samping double jump pemula. Buat dirtjumper yang jago, rintangan ini malah dikatakan biasa saja. Sebagai perbandingan dengan rintangan pemula, tinggi double jump pro ini mendekati 2 meter, sekitar setengah meter lebih tinggi. Yang bikin “ngeri” adalah gap-nya, sekitar 2,5 meter. “Meriang lihatnya,” ujar Hendrik, karyawan Cycling, yang hobi bermain sepeda downhill saat dimintai komentarnya.

Kontur tanah yang dipake membuat gundukan berkarakter keras. Sehingga, begitu hujan menguyur trek ini, permukaan tanah tidak menjadi lembek atau becek. Sebaliknya, permukaan tanah akan menjadi licin. Ini terlihat saat cycling menyambangi trek itu setelah hujan.

Sisa empat double jump berada di sisi kiri. Dari bentuknya, rintangan ini lebih menyerupai handicap untuk crosser. Itu dikarenakan ukuran double jump yang rendah, bergelombang dan memiliki ketinggian sekitar setengah meter. “Rintangan itu belum 100 persen rampung. Rencananya kami mau membentuk putaran dari double jump yang di tengah,” ujar Apep ditemui di lokasi.

Melongok ke sudut kanan dari tempat start, tersedia lahan bermain pumping. Pesepeda biasa menyebutnya pump track. Panjangnya sekitar 50 meter dari tempat start. Pesepeda yang hendak bermain di pump track, dimulai dari tempat yang tinggi. Itu terletak di jejeran tempat start permainan dirtjump. Dari start situlah pesepeda mengowes mencari speed dan melewati dua table top, kemudian baru masuk ke area pump track.

Setelah melintasi table top kedua, pesepeda langsung dihadang rhytem section, lalu berm pertama, disusul tabletop, berm, rhytem section kedua, dan berm terakhir guna memutar lagi. “Buat yang ingin melatih teknik pumping, trek ini cocok,” kata Sonny M Heriyadi, mantan atlet sepeda gunung Indonesia sekaligus pembuat trek Punclut.

Dari semua pesepeda yang main di pump track pertengahan Maret lalu, Chandra Ariavijaya terlihat paling terampil mengaplikasikan teknik nge-pump sepeda. Pentolan Charmdevo itu dapat meliuk di berm dan rolling di rhytem section dengan lembut. Hebatnya, di bagian rhytem section, Chandra masih sempat memutar pedalnya beberapa kali. “Buat pemula akan susah melakukan pedaling di rhytem section,” kata Chandra.

Daya tarik lain yang ditawarkan trek punclut adalah view, pemandangan, panorama dan udara sejuk. Karena trek ini terletak di dataran tinggi, dan dikenal sebagai atap Kota Bandung, pesepeda yang menyambangi tempat ini akan menyaksikan sebagian tata letak kota itu. Terlebih, pemilihan lokasi trek Punclut itu berada paling pinggir. Buat Anda yang tertarik bermain dirtjump dan pump track, sekaligus refreshing, Punclutlah tempatnya.

Story About Track

Trek Punclut punya cerita sendiri. Dari cerita Apep, trek BMX DJ, dulunya berada di lahan bermain motorcross. Namun, perlahan-lahan trek itu bergeser fungsinya dan berubah sebagai arena motorcross. “Mereka (penghobi motorcross-red) serius menggarap trek itu. Saat izin membangun dari si pemilik didapat, mereka mengembangkan jadi trek motorcross,” katanya.

Trek BMX DJ pun akhirnya bergeser ke sebelahnya. Modelnya pertama kali di rancang dan dibangun oleh Sonny M Heriyadi sekitar tahun 2001-an. Sonny bersama rekannya dari SMH Racing membentuk rintangan berupa double jump, yang sekarang di peruntukan buat pemula (junior).

Selang beberapa tahun (Apep lupa tahunnya), Apep memodifikasi trek itu menjadi lebih menantang. Dia dengan penghobi DJ dari Bandung menambah rintangan buat senior. Pada double jump kedua di senior, Apep menggabungkan dengan yang junior. Sehingga rider bisa melakukan perpindahan landing.

Pada Maret 2008, trek itu dilengkapi dengan satu area pump track. Area itu adalah buah pemikiran Chandra Ariavijaya. Mantan downhiller yang pernah menduduki rangking 30 dunia itu membawa contoh gambar ke Apep. Bersama penghobi sepeda Bandung, Apep mengerjakan area latihan pumping itu.

Comments