Space Iklan masih tersedia
Home / News / National Championship / Wimcycle: Indonesian BMX Open Series 2009, Round 3 Freestyle
Wimcycle: Indonesian BMX Open Series 2009, Round 3 Freestyle

Wimcycle: Indonesian BMX Open Series 2009, Round 3 Freestyle

Kejuaraan nasional BMX kali ini diadakan di kota Solo pada tanggal 14 februari 2010 kemarin.Acara yang merupakan kejuaraan nasional seri ke-3 dari tahun 2009 ini, diadakan di Taman Balekambang, Solo dengan bertemakan BMX OPEN yang disponsori oleh Wimcycle. Acara ini adalah hasil kerjasama antara Asosiasi BMX Indonnesia dengan pemerintah kota Solo khususnya dengan KODIM(Komando Distrik Militer) 0753, dan juga merupakan acara lanjutan dari Kejuaraan Nasional seri ke-2 th 2009 yang diadakan di GOR Saparua,Bandung pada bulan November lalu.

Sehari sebelumnya, tepatnya pada Sabtu malam tanggal 13 Februari 2010, diadakan demo BMX di depan GOR Manahan uang dimaksudkan untuk memperkenalkan BMX pada warga kota Solo agar mereka tertarik untuk meramaikan acara KEJURNAS yang akan diadakan keesokan harinya. Demo yang diramaikan oleh para rider dari Bekasi dan seorang rider dari Jogja ini, dipenuhi oleh warga Solo yang sedang menikmati malam minggu mereka. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang sedang melintas di jalan raya depan GOR Manahan berhenti untuk menyaksikan penampilan yang sangat ekstrim dari para rider hingga menyebabkan sedikit kemacetan.

Selain itu, para rider BMX dari kota Solo juga terlihat hadir pada malam itu, namun hanya sedikit dari mereka yang beraksi di atas obstacle. Pada malam itu, warga Solo yang menyaksikan demo tersebut dibuat terpukau oleh aksi dari para rider BMX street dan flatland. Di penghujung acara, sebagai persembahan terakhir dari penampilan mereka, MC dan dua orang penonton yang salah satunya adalah anggota ABRI yang bernama Bpk. Jono dilompati oleh salah satu rider pemegang High Air tertinggi yaitu, Rizky Leonardo. Acara tersebut pun berakhir dengan teriakan dan tepuk tangan yang sangat meriah dari warga Solo yang hadir pada malam itu.

Keesokan harinya, Minggu 14 Febuari 2010 tepatnya pukul 6 pagi diadakan FUNBIKE yang dihadiri ratusan bahkan ribuan peserta baik dari kota Solo maupun dari luar kota Solo. Lelah bersepeda dengan jarak yang cukup jauh, para peserta disuguhkan dengan penampilan musik dangdut dan pembagian door prize dari sponsor-sponsor acara tersebut seperti, Suzuki, WimCycle, dan Alfamart. Warming up dari para rider BMX yang telah hadir di Taman Balekambang pun ikut menghibur baik para peserta FUNBIKE maupun para pengunjung taman. Pendaftaran bagi para peserta kejuaraan nasional pun dibuka, banyak peserta yang datang dari berbagai kota seperti, Bekasi, Jogja, Madiun, Sleman, Purwokerto, dan Pontianak. Setelah kurang lebih satu jam, acara pun dimulai dengan 54 peserta Street Park Junior, 10 peserta Street Park Senior, 19 peserta Flatland Junior, dan 3 peserta Flatland Senior.

Suasana di arena flatlandKejuaraan dimulai dengan aksi dari peserta Flatland Junior denagn 4 orang juri yaitu, Apep, Caplank, Levi, dan Menyeng. Setelah itu, kejuaraan dilanjut dengan aksi peserta rider Flatland Senior yang hanya 3 orang peserta yaitu, Nurland(Polygon), Cipaw, dan Botoy(WimCycle) yang ternyata mereka sama-sama datang dari kota Bekasi. Untuk Flatland, peserta diberi waktu 1 menit 30 detik untuk menunjukkan skill mereka masing-masing. Namun untuk Flatland Senior, mengingat peserta yang hanya 3 orang langsung diadakan 2 round dan langsung diambil pemenangnya.

Waktu terus berjalan hingga akhirnya giliran peserta Street Park Junior tiba untuk menunjukkan skill mereka dihadapan 3 orang juri yaitu, Apep, Levi, dan Caplank. Para peserta harus memvariasikan trick-trick andalan mereka di atas Quarter, Spine, Custom Box, dan Subrell dalam waktu satu menit. Tak sedikit dari mereka yang terjebak dan mengalami kesulitan saat melintas di atas Spine. Dan hal tersebut dapat mempengaruhi peraihan point mereka masing-masing.

Langit gelap dan rintik-rintik hujan pun menyelimuti acara Kejuaraan tersebut hingga membuat wajah para rider BMX Street Park Senior panik karena giliran mereka untuk beraksi belum tiba. Namun, kepanikan itu berubah menjadi semangat membara karena rintik hujan mulai berhenti dan giliran mereka pun tiba. Ketika mereka sadar bahwa giliran mereka tiba, mereka langsung menyerbu arena dan melakukan warming up di atas obstacle yang ada. Sama seperti kategori Junior, mereka harus pintar-pintar memvariasikan trick-trick andalan merewka di atas obstacle yang telah disediakan dalam waktu satu menit dengan 3 juri yang sama pula.

Berbeda dengan Kategori Junior, mereka beraksi dengan sangat lihai dan penggunaan obstacle yang sangat baik. Selain itu, Spine yang dianggap berbahaya oleh peserta Street Park Junior malah dijadikan sebagai media penambah point oleh beberapa rider Senior. Bahkan ada pula yang melakukan Hard Trick di atas Spine. Penampilan mereka semakin sempurna dengan Hard Trick yang mereka tunjukkan seperti, Backflip Trick, Flair Trick, Abubaca Trick, Superman Trick, dan Tailwhip Trick. Karena peserta Street Park yang sedikit, para rider langsung diberi kesempatan untuk melakukan 2 round dan langsung diambil pemenangnya.

Namun, tiba-tiba hujan deras mengguyur kota Solo hingga para peserta tidak dapat melanjutkan perlombaan. Akhirnya, juri pun berinisiatif untuk langsung mengkalkulasikan perolehan score dari masing-masing peserta. Lalu, sekitar pukul 7 malam, masih di sekitar Taman Balekambang, juri mengumumkan para pemenang dari setiap kategori BMX.

Berikut hasil kompetisi tersebut di atas :

Flatland Junior
1    Ardi Zimblink
2    Tri
3    Giradt
4    Anung
5    Ferdinand Agata
Pemenang Flatand Junior

Flatland Senior
1    Botoy (Wimcycle)
2    Nurland (Polygon)
3    Suwandi aka Chipaw (Bekasi)

Pemenang Flatland Senior

Park Junior
1 Oni (Jogja)
2 Adit (Bekasi)
3 Danang (Purwokerto)
4 Adit (Jogja)
5 Hari

Pemenang Park Junior

Park Senior
1 Rizky (Oakley)
2 Wendy (Elgato-Jogja)
3 Didi TS ( Bandung BMX, Eat, 2D)
4 Moonthink (Wimcycle)
5 Jujun (Eat)

Pemenang Park Senior


Comments