Space Iklan masih tersedia
Home / News / National Championship / Wimcycle:BMX Open Seri 2008, Round 1 Freestyle
Wimcycle:BMX Open Seri 2008, Round 1 Freestyle

Wimcycle:BMX Open Seri 2008, Round 1 Freestyle

Asosiasi BMX Indonesia sebagai pelaksana dari kejuaraan sepeda BMX nasional kembali menggelar Wimcycle:BMX Open Seri 2008 setelah sukses pada 2 tahun terakhir ini dalam penyelenggaraan Event Kejurnas BMX ( 2006 & 2007 ) secara seri di beberapa kota di Pulau Jawa. “Idenya sendiri datang dari begitu banyaknya permintaan kepada kami ( baca: Asosiasi BMX Indonesia ) dari para atlet, BMX’er EO bahkan pengurus olahraga sepeda dan para manager team agar kegiatan ini dijadikan agenda pertandingan BMX di tiap tahunnya . Ini artinya potensi dan dampak dari kegiatan ini dapat dirasakan langsung manfaatnya.” kata Bpk. Danil Gunawan, selaku Ketua Asosiasi BMX Indonesia dalam pernyataan pers releasenya.

Pergelaran pertama dari kejuaraan Wimcycle:BMX Open Seri 2008, Round 1 – Freestyle hasil kerja sama dengan pihak Wimcycle, JI Expo, League, Esia, FOMI, dan JSI Sportz Magazine, pada hari Minggu(13/07) lalu di Pekan Raya Jakarta sedikit banyak membuktikan penuturan beliau seperti banyaknya peserta yang berpartisipasi seperti dari Jabodetabek, Bandung, Singosari bahkan dari negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, serta Australia (sayangnya rider dari Singapura dan Thailand berhalangan hadir) dan antusiasnya para penonton yang terdiri dari berbagai kalangan.

Sheikh (Malaysia) masih lebih baik dari flatlander kitaAcara ini sendiri dimulai lebih kurang pukul dua siang. Babak penyisihan Flatland Junior memulai pertarungan tepat setelah pembukaan Barongsai Show selesai dengan dipandu oleh duet MC Iwan dan Ari. Arena yang digunakan seperti memanjakan para ridernya. Selain permukaan yang benar-benar datar, arena tersebut dikelilingi oleh deretan kursi taman yang membentuk setengah lingkaran sehingga siapapun rider yang sedang beraksi di arena tersebut langsung menjadi pusat perhatian.

Trik-trik Headchecker, Backyard, Whiplash, Hang Five, Funky Chicken, silih berganti coba ditunjukkan oleh para junior flatland. Beberapa rider yang mencuri perhatian di antaranya yaitu Sandu ( tim Fourlander-Bekasi), Bagus ( tim Brakeless Warrior-Depok) dan Shinchan dari Singosari (Jawa Timur). Mereka termasuk rider yang berhasil masuk ke babak final selain Fuad dan Wiwid ( keduanya dari tim Fourlander-Bekasi).

Setelah babak penyisihan untuk junior selesai, giliran para senior memulai babak penyisihan. Hadirnya trio flatlander Malaysia : Sheikh, Hezlan dan Fadli ( ketiganya disponsori oleh Wild Channel-Malaysia ) membuat suasana semakin bertambah panas sekaligus meriah. Trik-trik yang mereka peragakan benar-benar membuat semua pihak terkagum-kagum. Tampak sekali perbedaan trik-trik yang mereka peragakan dengan para flatlander kita. Mereka melakukan trik-trik cepat sedangkan rider kita cenderung melakukan trik-trik lambat. Di antara rider kita yang mampu beradu trik selain Gacul (tim Fourlander-Bekasi) dan Dedet (Sidoarjo) adalah Botay ( tim Wimcycle). Mereka bertiga berani melayani “tantangan” dari trio Malaysia tersebut. “Flatlander Indonesia sebetulnya bagus-bagus. Mereka hanya kurang practice and influence.” tutur Sheikh kepada kami dengan logat Malaysianya yang kental sesaat setelah lomba flatland berakhir.

Backflip bukan hanya milik senior! Pembuktian dari Manto peserta Street JuniorTempat beralih ke arena BMX Park setelah pertarungan flatland selesai. Acara warming up yang dilakukan oleh para rider Street/Park membuat para pengunjung Pekan Raya Jakarta memadati sekitar arena yang sebelumnya digunakan untuk lomba skateboard ini. Membludaknya peserta rider junior yang berpartisipasi seolah menunjukkan mereka haus kompetisi untuk mengaktualisasikan trik-trik yang sudah mereka latih sekaligus menambah jam terbang mereka.Walaupun trik yang mereka peragakan belumlah se-ekstrim seniornya, tetapi mereka tampak semangat untuk membuktikan diri.

Beberapa rider yang cukup mencuri perhatian para juri di antaranya yaitu Manto ( tim Cengkareng ), Lomo ( tim Bekasi ), dan Andivi ( tim Polygon ). Mereka melakukan trik 360º Over The Jumbox, 360º Over The Spine, Turndown Over The Jumbox dengan mulus. Suasana semakin membuat para senior panas setelah para junior banyak yang mencoba trik Backflip Over The Jumpbox.

Begitu para junior selesai menunjukkan skill-skill mereka, giliran para senior ( baca: pro ) unjuk kemampuan. Panas, gila, heboh. Tiga kata tersebut (mungkin) bisa mewakili suasana pada saat senior yang saling balas-membalas trik bertanding. Cideranya Didi ( Bandung ) dan Neil Lennox ( Australia ) pada session warming up sehingga batal bertanding tidak terlalu banyak berpengaruh bagi rider lain. Jujun ( Bandung ) dengan trik Backflip X-Up Over The Jumpbox dibalas oleh Moonthink ( tim Wimcycle ) dengan Backflip Transfer from Spine to Jumpbox. Flair On The Subwall dari Sunny ( Malaysia ) dibalas oleh Mathius ( Bandung ) dengan 720º Over The Jumbox-nya. Abubaca On The Subwall-nya Rizki ( tim Wimcycle ) dibalas Flair On The Subwall oleh Armand ( Filipina ). Ivan ( tim Wimcycle ) dengan trik Tailwhip On The Big Quarter dibalas Tailwhip On The Subwall oleh Okke ( Bandung ). Wah, pokoknya gokil abis!!

720 yang sempurna dari MatheusSebelum para kampiun diumumkan, battle antara Farid ( Cianjur ) dengan trik oldschoolnya dan trio Flatland Malaysia menghibur audiens yang ada di sekitar panggung. Ada pula pesan singkat dari Neil Lennox (Australia) dan Sunny (Malaysia) untuk pemerintah Indonesia agar mendukung olahraga ekstrim ini dengan banyak membuat arena skateboard dan BMX di Indonesia agar para rider dan skater Indonesia bisa banyak berlatih sehingga bisa mengharumkan negara di kancah internasional.

Well, dampak hadirnya kontestan dari luar Indonesia ternyata banyak memberi masukan dan pelajaran berharga bagi kita semua, terutama rider BMX kita agar lebih semangat berlatih sehingga BMX Indonesia mampu berbicara banyak di kancah internasional.

Berikut Hasil Lengkap Wimcycle: BMX Open Seri 2008, Round 1 Freestyle :

JUDGES :
1. Asep Tubagus (Bandung)
2. Rudi Lesmana (Jakarta)
3. Ayatullah Vahlevi (Jakarta)


FLATLAND JUNIOR
RANK # NAME # TEAM # SPONSOR # SCORE
1 # Sandu # Fourlander # – # 68,67
2 # Bagus # Brakeless # Centrifugal # 65,68
3 # Sinchan # Singosari # – # 65,67
4 # Wiwid # Fourlander # – # 62,33
5 # Fuad # Forulander # – # 45,33

STREET JUNIOR
RANK # NAME # TEAM # SPONSOR # SCORE
1 # Andi # i Luv Mom # Polygon # 53,00
2 # Iwan # B2ST # Level Bikes # 49,33
3 # Lomo # Bekasii # – # 47,33
4 # Rocky # B2ST # Level Bikes # 45,33
5 # Indra # Ride Rain City # – # 44,33

Para pemenang street junior didampingi oleh Bpk. Danil ( Asosiasi BMX Indonesia,kiri) dan Bpk. Johan Wahyudi (JI Expo, ke-3 dari kanan)

FLATLAND SENIOR
RANK # NAME # TEAM # SPONSOR # SCORE
1 # Sheikh # Malaysia # Wild Channel # 80,33
2 # Hezlan # Malaysia # Wild Channel # 77,00
3 # Fadli # Malaysia # Wild Channel # 73,33
4 # botoy #Wimcycle # Wimcycle # 70,33
5 # M. Lukman # Singosari # – # 67,67

Para Pemenang Flatland Senior didampingi Bpk. Gito (JI Expo, kiri) dan Bpk. Danil ( Asosiasi BMX Indonesia)

Para Pemenang Flatland Senior didampingi Bpk. Gito (JI Expo, kiri) dan Bpk. Danil ( Asosiasi BMX Indonesia)

STREET SENIOR
RANK # NAME # TEAM # SPONSOR # SCORE
1 # Matheus # B2ST # Oakley, X-Toys # 81,33
2 # Rizky # Wimcycle # Wimcycle # 77,33
3 # Jujun # B2St # Eat # 77,00
4 # Sunny # Malaysia # Wild Channel # 76,77
5 # Moonthink # Wimcycle # Wimcycle # 76,76

Para pemenang Street Senior

{jgototop}{/jgototop}

Comments