Home / News / Competition / Press Release IOXC 2014 – Semarang
IOXC 2014

Press Release IOXC 2014 – Semarang

IOXC, lndonesia Open X-Sports Championship adalah event perlombaan olahraga aksi yang lebih populer dengan sebutan extreme sport sebagai wadah berkumpulnya anak muda dalam aktifitas olahraga yang menampilkan kecepatan, ketrampilan, keberanian yang memacu adrenalin, dan fun. Event ini merupakan yang terbesar untuk kawasan Asia Tenggara.

Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui event ini mencoba memberikan ruang kepada kaum muda untuk mengembangkan olahraga aksi dengan konsep sport entertainment yang dikemas dalam perpaduan kegiatan olahraga dengan hiburan musik seperti DJ dan band. Melalui lndonesia Open X-Sports Championship (IOXC) ini, Kementeria Pemuda dan Olahraga telah menyelenggarakan untuk yang ke 6 (enam) kalinya di tahun 2014 yang berlangsung di Kota Semarang.

Pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007 di Kuta Bali, tahun 2008 di Cihampelas Walk Bandung, tahun 2009 di Lapangan Karebosi Makassar, tahun 2010 di Benteng Kuto Besak Palembang dan tahun 2013 di Jogyakarta. Kementerian Pemuda dan Olahraga yang bekerjasama dan didukung oleh Pemerintah Kota Semarang pada penyelenggaraan IOXC 2014, direncanakan akan berlangsung pada tanggal 11 dan 12 Oktober 2014 di Lapangan Simpang Lima Semarang akan melombakan 5 disiplin olahraga diantaranya adalah Sepeda BMX yang melombakan katagori Freestyle dan Flatland, Agresive Inline Skate, Skateboard, Sport Climbing dan Bboys & Bgirls Battle.

Jumlah peserta lomba dari 5 (lima) disiplin olahraga yang telah menyatakan keikutsertaan sebanyak 400 orang yang berasal dari 10 negara yaitu Jepang, Canada, Chili, Thailand, Singapura, Malaysia, India, Filippina, Australia dan Indonesia. Untuk Jepang, Canada, Chiii dan Thailand untuk disiplin olahraga sepeda BMX akan menurunkan rider profesionalnya diantaranya Jean William Prevost (Montreal, Canada), Benjamin Hudson (Santiago, Chili), sedangkan Indonesia menurunkan rider terbaiknya seperti Heru Anwari.

Kementerian Pemuda dan Olahraga melibatkan induk organisasi dari 5 disiplin olahraga yang dipertombakankan sebagai pelaksana teknis yaitu (Asosiasi BMX Indonesia (ABI), Federasi Skateboarding Indonesia Indonesia Freestyle Rollerblading (IFR), Federasi Panjat Tebing Indonseia (FPTI) Provinsi Jawa Tengah dan Bboyindo.

Check Also

Tahun ke-3 Asosiasi BMX Indonesia di FISE Montpellier 2018

FISE MONTPELLIER 2018 yang ke-22th kembali digelar dimulai tanggal 9 – 13 Mei 2018. Ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *