Home / News / Car Free Day / Street & Flat Tricks Competition on Car Free Day

Street & Flat Tricks Competition on Car Free Day

Ibu Peni Susanti (kiri) dan Bpk. Danil Gunawan (kanan) setelah konferensi persDalam rangka memenuhi amanat Perda No. 2 Tahun 2005 tentang pengendalian pencemaran udara, pada tahun 2009 ini akan dilaksanakan 2 kali dalam sebulan yaitu pada hari Minggu setiap akhir bulan di kawasan Sudirman-Thamrin dan 2 kali dalam 1 tahun pada hari Minggu untuk masing-masing wilayah kota administrasi di kawasan Jl.Rasuna Said (Jakarta Selatan), Kawasan Kota Tua (Jakarta Barat), Kawasan Jl.Danau Sunter (Jakarta Utara), Kawasan Jl. Pramuka (Jakarta Timur), dan Kawasan Jl. Letjen Soeprapto (Jakarta Pusat).

 

Seperti yang telah dikatakan oleh Ir. Peni Susanti, Dipl. Est. selaku Kepala BPLHD Provinsi DKI Jakarta, bahwa berdasarkan hasil evaluasi, kualitas udara ruas jalan pada saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor / Car Free Day, didapatkan bahwa pelaksanaannya dinilai efektif dalam upaya pemulihan mutu udara dikawasan tertentu, hal ini dilihat dari presentase penurunan konsentrasi pencemaran yang cukup signifikan, yaitu pada parameter debu (PM-10) sebesar 34%, Carbon Monoksida (CO) sebesar 67%, dan Nitrogen Monoksida (NO) sebesar 80%, dimana ketiga parameter tersebut merupakan pencemar primer yang bersumber dari kendaraan bermotor. “Semoga dengan kegiatan car free day ini dapat memberikan pengaruh hidup sehat bagi masyarakan Jakarta, yang semoga dapat diikuti oleh wilayah atau provinsi lainnya agar tercapai udara bersih dan jiwa yang sehat.” tutur beliau pada saat konferensi pers.

Gacul juara flatland di kompetisi iniAdapun salah satu komunitas yang ikut berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan pada hari Minggu (26/04) lalu adalah komunitas BMX yang tergabung dengan Asosiasi BMX Indonesia yang sebelumnya diundang untuk mengisi acara pada perayaan Hari Anak Nasional tahun 2008 lalu dimana event tersebut juga dilaksanakan pada saat hari bebas kendaraan bermotor. Jika pada saat itu komunitas BMX hanya menyuguhkan atraksi demo saja, kali ini komunitas BMX selain berdemo, juga diberikan kesempatan untuk menggelar kompetisi yang berlokasi di daerah Bundaran Hotel Indonesia.

Acara demo yang dimulai pukul 8 pagi ini dibuka oleh demo dari teman-teman BMX Flatlander. Adapun yang berpartisipasi berasal dari Bekasi, Tangerang, Jakarta, bahkan hingga Serang. Beberapa pro flatlander yang hadir di antaranya yaitu Gacul (Fourlander/United Bike), Adnan (A9-Kuningan), Botoy (Wimcycle), Ais dan Nurland (Polygon) . Hadir pula Farid Melon pemenang 4 kali acara Trans TV Gong Show dengan aksi entertainment oldschoolnya yang membuat penonton terpingkal-pingkal. Para pejalan kaki dan komunitas sepeda lain seperti dari Bike To Work dan ontel langsung memenuhi sekitar arena BMX untuk menyaksikan aksi-aksi akrobatik mereka. Setelah demo flatland usai kini saatnya demo street/park. Adapun rider pro street/park yang ikut berpartisipasi rider dari tim Wimcycle, yaitu Ivan dan Moonthink. Sedangkan Rizky berhalangan hadir. Berbeda dengan flatland yang menyuguhkan atraksi akrobatik di darat, mereka menyuguhkan aksi akrobatik di udara.

Penampilan terbaik dari DemigaSetelah demo usai, tibalah acara kompetisi “Street dan Flat Trick Open”. Kali ini alat halang rintang yang digunakan adalah pyramid. Dengan format pertandingan satu run dalam durasi 1 menit, 32 peserta yang berasal dari chapter-chapter Asosiasi BMX Indonesia dari daerah Jabodetabek, Medan, dan Surabaya harus mampu memaksimalkan kemampuannya mengolah trik yang dikuasai pada alat halang rintang tersebut. Kompetisi berlanjut ke kategori flatland. Adapun format pertandingan yang digunakan yaitu satu run dengan durasi 45 detik. Sebanyak 22 peserta yang selain berasal dari Jabodetabek juga berasal dari Serang ikut kompetisi kategori ini.

Menjelang waktu pelaksanaan Car Free Day selesai,, akhirnya juri yang terdiri dari Insan (Tangerang), Rudi Lesmana (Jakarta) dan Levi (Jakarta) memutuskan juara dalam kontes ini yaitu :
FLATLAND
1. Gacul – Fourlander/United Bike – 66,67
2. Botoy – Wimcycle – 63,67
3. Ais – Polygon – 59,67

Pemenang Flatland


STREET
1. Moonthink – Wimcycle – 60,00
2. Demiga – SXT/JSI Sportz Mag – 57,00
3. Padi – LAPD Tangerang – 55,67

Pemenang Street

Check Also

CFD BUAH BATU BANDUNG MENSOSIASILISASI TAFISA 2016

Pada hari Minggu, 03 April 2016 bertempat di Buah Batu Bandung, Buah Batu Corps bersama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *